Pendidikan Teknologi Informasi Semester-3

Selamat datang di Mata Kuliah E-Learning. Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, serta keterampilan dalam membuat model e-learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada jenjang pendidikan tertentu baik dalam pendidikan sekolah maupun luar sekolah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jumlah SKS Mata Kuliah ini adalah 3 SKS yang harus ditempuh mahasiswa selama 16 minggu perkuliahan (termasuk UTS dan UAS). 

Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran secara syncrhonous dan asynchronous yang telah di desain oleh dosen pengampu. Berikut ini adalah contoh aktifitas pembelajaran yang disediakan dosen dalam setiap pertemuan:

  1. Link video conference yang dapat dihadiri oleh mahasiswa sesuai dengan jadwal yang ditentukan menggunakan platform Zoom yang sudah terintegrasi dengan LMS. 
  2. Materi dengan format SCORM (sharable content object reference model) yaitu slide pembelajaran dilengkapi dengan audio dosen pengampu mata kuliah yang akan menjelaskan materi yang wajib dibaca dan pahami oleh mahasiswa karena setiap aktifitas membaca dan memahami materi akan terekam oleh sistem dan dikonversi langsung menjadi nilai/point yang dapat mahasiswa lihat di profil masing-masing kelas.
  3. Lampiran materi dengan format .ppt, .pdf, yang dapat diunduh mahasiswa, sehingga dapat dipelajari lebih lanjut secara offline.
  4. Form penugasan/pemahaman materi yang harus dikerjakan oleh mahasiswa.
  5. Forum diskusi (tiap pertemuan) tujuannya adalah setelah mahasiswa membaca materi, mengikuti video conference, melihat penugasan dari dosen, dan ada yang ingin mahasiswa tanyaka dapat memanfaatkan forum diskusi tersebut. Mahasiswa dapat membalas pertanyaan dari dosen, dapat menjawab pertanyaan dari mahasiswa lainnya, atau dapat membuat sebuah topik bahasan sendiri dalam forum diskusi. 

Luaran dari pembelajaran ini adalah mahasiswa menjalankan final project berdasarkan capaian pembelajaran untuk mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama satu semester. 

Referensi yang digunakan:

  • Williams. Sawyer. (2007). Using Information Technology “Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi”. Edisi 7. Yogyakarta: Andi
  • Yaniawati, Poppy R. (2010). E-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya
  • Badrul Khan. 2005. Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: Information Science Publishing
  • Horton, W. & Horton, K. 2003. E-learning Tools and Technologies. Canada: Wiley Publishing Inc
  • Rusman. Kurniawan, Deni. Riyana, Cepi. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi “Mengembangkan Profesionalitas Guru”. Jakarta: Rajagrafindo Persada.